Rabu, 14 Juni 2017

Cara Mencegah Kanker Prostat Secara Alami

Kanker Prostat adalah jenis kanker yang timbul dan berkembang pada prostat pria. Penyakit ini sangat ditakuti para pria terutama pria berusia atas 40 tahun. Kanker prostat berkembang secara perlahan dan banyak pria yang tidak menyadari bahwa dirinya mengalami kanker sampai kanker berubah menjadi ganas. Sehingga bagi para pria terutama yang mempunyai usia 40 sampai 50 tahun perlu mengetahui gejala dan cara mencegah penyakit kanker prostat tersebut.

Gejala yang sering muncul dari kanker prostat diataranya perubahan kebiasaan buang air kecil, sering buang air kecil pada malam hari, sakit saat buang air kecil, urine mengadung darah, Kesulitan buang air kecil, disfungsi ereksi, nyeri saat ejakulasi dan nyeri yang tetap pada punggung bawah, pinggul dan paha. Jika Anda mengalami gejala-gejala tersebut, sebaiknya cepatlah periksakan ke dokter untuk mengetaui apakah itu merupakan gejala kanker prostat atau bukan.

Cara mencegah Kanker Prostat


Pencegahan adalah cara terbaik dari pada harus mengobati. Pencegahan dapat dilakukan sejak dini supaya tidak mengalami penyakit kanker saat sudah lanjut usia. Berikut ini ada beberapa cara alami yang bisa dilakukan untuk mencegah kanker prostat, diantaranya:

  • Cukupi Kebutuhan Air Putih
Mengkonsumsi air putih sagat penting, tidak hanya untuk kesehatan prostat namun untuk kesehatan tubuh secara menyeluruh. Selain untuk menghindari dehidrasi, air putih juga dapat melancarkan sirkulasi tubuh, menyehatkan ginjal dan melancarkan buang air. Cukupi asupan air putih 6 - 8 gelas setiap harinya.
  • Perbanyak mengkonsumsi Buah dan Sayur
Perbanyak konsumsi buah dan sayur, seperti tomat, brokoli, kembangkol, apel, buah beri, melon, semangka, terutama yang mempunyai warna hijau dan merah. Karena banyak mengandung zat lycopene dan fruktosa yang dapat menurunkan risiko penyakit kanker prostat, selain itu juga dapat mengecilkan ukuran tumor prostat.
  • Minum Jus Buah Delima
Buah Delima memiliki manfaat mencegah dan mengobati penyakit kanker prostat. Dengan meminum 8 gelas jus delima setiap harinya dapat menurunkan risiko dan tingkat PSA pria penderita kanker prostat.
  • Perbanyak Asupan Makanan Yang Mengandung Zinc
Makanan yang mengadung zinc dapat mencegah pembesaran prostat. Karena kelenjar prostat memerlukan zat lebih banyak dari oragan tubuh yang lain. Zinc dapat mengubah metabolisme hormon steroid yang dapat mengurangi pembesaran prostat. Makanan yang mengandung banyak zinc diantaranya biji labu dan minyak gandum.
  • Konsumsi Makanan Yang Mengadung tinggi Vitamin D dan E
Vitamin D berguna untuk menyehatkan prostat, sementara vitamin E berguna untuk memperlambat pertumbuhan sel kanker dan mempunyai kandungan antioksidan yang bisa mengurangi risiko kanker. Konsumsi makanan yang kaya akan dua vitamin tersebut seperti, kacang almond, bayam, alpukat, brokoli, dll.
  • Kurangi Makanan Yang Mengandung Kolesterol
Kolesterol dapat menyebabkan pembengkakan prostat, selain itu juga kolesterol yang tingg dalam tubuh dapat menyebabkan penyumbatan pembuluh darah dan penyakit jantung. Sehingga kurangilah mengkonsumsi makanan yang mengandung kolesterol tinggi.
  • Berhenti Mengkonsumsi Minuman Beralkohol
Aklohol sangat tidak baik untuk kesehatan, selain itu alkohol dapat mengiritasi kandung kemih dan memperparah pembesaran prostat dan melemahkan otot-otot pada tubuh.
  • Rutin Berolahraga
Olahraga secara rutin dan teratur sangat baik untuk kesehatan serta dapat mengurangi dan mencegah risiko penyakit kanker prostat. Karena olehraga dapat membuat tubuh menjadi bugar sehingga tidak mudah terserang penyakit.

Itulah beberapa cara pencegahan penyakit kanker prostat yang dapat dilakukan sejak dini. Pencegahan perlu dilakukan sebelum Anda mengalaminya. Masih banyak cara yang dapat dilakukan untuk mecegah penyakit ini, diatas adalah cara-cara yang mudah dilakukan. Kanker prostat adalah penyakit yang dapat dicegah.


EmoticonEmoticon